Komitmen Tambang Emas Martabe Terhadap Keberagaman Gender

Targetkan 25% Karyawan Perempuan pada 2019

PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe, berkomitmen terhadap penerapan keberagaman gender di lingkungan kerja. Ditargetkan pada 2019, porsi karyawan perempuan dapat mencapai 25%. Hingga saat ini sebagai bukti komitmen tersebut, jumlah karyawan perempuan telah mencapai 18%.

Pencapaian jumlah karyawan perempuan di Tambang Emas Martabe saat ini cukup signifikan dibandingkan dengan perusahaan pertambangan lainnya, kendati penerapan keberagaman gender menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan, khususnya di sektor pertambangan.

Tambang Emas Martabe sebagai salah satu perusahaan pertambangan baru di Indonesia memiliki kesempatan besar untuk menanamkan prinsip keberagaman gender sebagian dari budaya bisnis perusahaan. Tambang Emas Martabe telah menginisiasi penerapan keberagaman gender bertepatan dengan Hari Kartini pada 21 April 2016. Tak hanya melalui rekrutmen karyawan, keberagaman gender juga telah disosialisasikan lebih lanjut kepada seluruh karyawan untuk menciptakan lingkungan kerja ramah gender.

Komitmen penerapan keberagaman gender ini pun telah dikukuhkan melalui penerapan tata kelola dan budaya kerja lewat kebijakan tindakan afirmatif (affirmative action policy). Pertama, kesetaraan hak, kesempatan kerja, dan perlakuan tanpa diskriminasi dalam merekrut dan mengembangkan kapasitas seluruh karyawan untuk berkontribusi positif bagi laju perkembangan perusahaan.

Kedua, membuka peluang seluas-luasnya bagi seluruh angkatan kerja, baik laki-laki maupun perempuan, dalam usia produktif yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang pekerjaan, terutama dari wilayah Tapanuli Selatan dan sekitarnya. Ketiga, tim kerja profesional beragam gender yang handal dengan menerapkan tata kelola dan budaya kerja yang menghargai keragaman gender.

Penerapan keberagaman gender diyakini dapat menjadi daya tarik bagi para perempuan berbakat dan kompetitif untuk berkarya di perusahaan ini. Adapun, laki-laki dan perempuan memiliki sudut pandang dan ide-ide berbeda yang akan memperkaya wawasan perusahaan dan memungkinkan untuk menghasilkan pemecahan masalah yang lebih baik, sehingga mampu memperkuat fondasi bisnis perusahaan.

Pencapaian keberagaman gender merupakan salah satu dari 17 sasaran pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Penerapan keberagaman gender di Tambang Emas Martabe juga merupakan bentuk dukungan terhadap konvensi internasional PBB tentang penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan atau CEDAW (Convention on Elimination of All Forms of Discrimination Against Women). Indonesia pun telah meratifikasinya sejak 1984 melalui UU No.7/1984 tentang Pengesahan Konvensi Mengenai Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Wanita.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

MGEI. @ Peps Design 2019

Log in with your credentials

Forgot your details?