Loading...

 

 

Pada Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT IAGI) di Bandung, 27 Agustus 2008 telah dideklarasikan forum baru di bawah naungan IAGI yang berfokus pada geologi ekonomi yaitu Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia disingkat MGEI. Penandatanganan deklarasi dilakukan oleh perwakilan aktivis dan pengamat pertambangan mineral dan batubara di Indonesia serta disaksikan oleh Ketua Penandatangan IAGI yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal IAGI, Bapak Ridwan Djamaluddin; dan juga disaksikan oleh Kepala Badan Geologi - Kementerian ESDM yang diwakili oleh Sekretaris BG saat itu, Bapak Jajang Sukarna.

Inisiasi awal dibentuknya MGEI adalah adanya forum yang mempertemukan para aktivis, khususnya geologi ekonomi yang bergerak di bidang usaha pertambangan mineral dan batubara dalam kelompok mailist bernama economicgeology@yahoo.com, dimulai pada tahun 2007. Saat deklarasi MGEI dilakukan, forum mailist menarik sekitar 200 orang, dan sampai sekarang telah menjangkau 500 orang termasuk aktivis dan pengamat geologi ekonomi baik di dalam maupun luar negeri.

Menyadari peran penting para ahli geologi Indonesia di bidang geologi ekonomi dan pengembangan sumberdaya mineral, untuk mencapai peningkatan profesionalisme dan mampu bersaing di tingkat internasional, yang berperan aktif dalam pengembangan dan pemanfaatan sumberdaya mineral di Indonesia yang bertanggung jawab, efektif dan efisien untuk kemakmuran terbesar rakyat, kemudian dinyatakanlah pembentukan dari organisasi ahli dan peminat geologi ekonomi MASYARAKAT GEOLOGI EKONOMI INDONESIA, disingkat MGEI. Untuk memastikan keberlanjutan MGEI, Deklarasi Nasional akan ditindaklanjuti dengan tindakan konkret berdasarkan mekanisme dan undang-undang yang disepakati bersama peraturan Republik Indonesia.

 

Bandung, 27 Agustus 2008

 

KETUA MGEI

Selama 13 tahun berdiri sebagai organisasi yang mewadahi para penggiat geologi ekonomi terutama para geologiawan yang bergerak di bidang usaha pertambangan mineral dan batubara, MGEI telah dipimpin 4 orang professional sebagai Ketua MGEI yang dipilih melalui kesepakatan antar anggota maupun pemilihan langsung dengan masa bakti 3 tahun.

 

KETUA MGEI DARI MASA KE MASA

 

team-profile
Periode 2008 - 2012
team-profile
Periode 2012 - 2014
team-profile
Periode 2014 - 2018
team-profile
Periode 2018 - 2024
About Us

Forum of Indonesian geologists in the field of economic geology and mineral resource development, to achieve increased professionalism and be able to compete at the international level, who play an active role in the development and utilization of mineral resources in Indonesia

MGEI Secretariat

SOHO Pancoran Tower Splendor Lt.18 Unit 1817
Jl. Letjend. MT. Haryono, Jakarta Selatan
Phone: +62 21 8370 2848
Email: sekretariatmgei@gmail.com