Loading...

 

 

MGEI sebagai sebuah organisasi di bawah naungan IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) bersifat non-profit dan netral dengan visi menjadikan MGEI sebagai organisasi yang makin Kuat, Mandiri, dan Menginspirasi. MGEI memberikan kesempatan kepada anggotanya (penggiat geologi ekonomi) untuk berkarya dan berperan aktif dalam mengembangkan dan memajukan jaringan industry, menegakan standar professional, membagikan pengetahuan dan pengalaman teknis maupun non teknis untuk memajukan industri pertambangan Indonesia.

Setiap anggota MGEI akan mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) sebagai identitas keanggotaan. Kartu Tanda Anggota dikeluarkan oleh PP-MGEI melalui Sekretariat MGEI dan berlaku seumur hidup dengan periode iuran per tahun.

Keanggotaan MGEI terdiri dari:

  • Anggota Mahasiswa (S), yaitu Warga Negara Indonesia yang sedang menempuh pendidikan Strata-1 di bidang geologi.
  • Biasa (B), yaitu Warga Negara Indonesia yang memiliki latar belakang pendidikan atau profesi di bidang geologi.
  • Anggota Kehormatan (K), yaitu Warga Negara Indonesia yang memiliki integritas tinggi dalam profesinya serta berjasa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang geologi. Anggota Kehormatan dipilih langsung oleh PP – MGEI.

Manfaat Keanggotaan

Hak & Kewajiban

Memiliki hak dan kewajiban sebagaimana diatur dalam ketentuan pedoman organisasi.

Prioritas

Mendapatkan prioritas dan penawaran khusus dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan MGEI.

Networking

Berkesempatan untuk memperluas jaringan atau relasi secara nasional dan global melalui konferensi, progam sosial dan kegiatan lainnya.

Informasi Terkini

Mengetahui informasi terkini masalah teknik dan industry eksplorasi geologi dan pertambangan, melalui media sosial MGEI ataupun melalui saluran Group yang tersedia (WAG dan Telegram) yang aktif mendiskusikan permasalahan dan isu-isu eksplorasi pertambangan mineral dan batubara.

Pengembangan Karir

Berkesempatan mengembangkan karir dan pelatihan melalui progam pendidikan dan pengembangan sumberdaya profesionalisme dan kesiswaaan.

Competent Person Indonesia

Berkesempatan menjadi Competent Person Indonesia (CPI) dalam bidang mineral dan batubara melalui jalur IAGI-MGEI setelah melalui proses verifikasi.

Why Join MGEI ?

Melalui konvensi unggulan MGEI Annual CEO Forum, Indonesia’s Explorer-Developer Collegium (IEDC), dan MGEI Annual Convention, kami memberikan pengetahuan teknis dan non teknis yang mengangkat isu-isu terkini dan alternatif solusi mengenai dunia pertambangan dari sisi pemerintah, organisasi professional dan industry, akademisi, perusahaan dan kontraktor pertambangan, leander dll. Konvensi ini menjadi peluang berharga anda untuk memperluas jaringan dan koneksi di industry pertambangan.
Manfaatkan IJEG (Indonesian Journal of Economic Geology) untuk tetap up to date jurnal ilmiah terkini, berisi kumpulan jurnal ilmiah resmi yang dikelola oleh MGEI. IJEG menyajikan artikel penelitian terbaru yang diterbikan dua kali setahun dengan peer-review oleh para ahli yang kompeten baik dari Indonesia ataupun luar negeri. IJEG didedikasikan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan penelitian serta pengembangan ilmiah dalam geologi ekonomi. Lingkup jurnal meliputi pembahasan mengenai ekonomi geologi, eksplorasi, pertambangan, sumberdaya mineral, geologi ore hingga produksi mineral.
MGEI mengundang anda untuk berbagi informasi terbaru tentang karir, pendidikan, berita, dan topic lain yang relevan dengan industry pertambangan melalui sebuah Podcast DiscoverMine. MGEI menyediakan sebuah platform tanya jawab untuk menampilkan karya atau ide anda kepada para penggiat geologi ekonomi atau masyarakat umumnya. Ini menjadi kesempatan anda untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan latar belakang anda khususnya dalam dunia geologi, eksplorasi, dan pertambangan.
Bergabunglah menjadi bagian SC MGEI untuk bertemu dan berinteraksi dengan sesama mahasiswa di bidang ilmu geologi. MGEI menginisiasi program Training Camp (TC) dan MGEI Goes To Campus (MGTC), program tersebut menjadi wadah untuk mahasiswa belajar mengenai Economic Geology, Field Observtion Method, dan bagaimana aplikasinya di lapangan. MGEI juga mengajak para penggiat geologi ekonomi diberbagai komoditas untuk berbagi pengalaman dan ilmunya di kampus seluruh Indonesia yang di dalamnya terdapat SC MGEI. Bangun relasi dan koneksi anda dengan rekan-rekan mahasiswa dan professional MGEI.
Fresh Graduate Mentoring Program (FGMP) menghubungan ahli geosains berpengalaman dengan lulusan baru ataupun mereka yang baru memulai karir di bidang eksplorasi ataupun pertambangan untuk meningkatkan kompetensinya serta menjadi ajang sharing dan learning antar generasi. Memberikan wawasan dan pengetahuan teknis dan non teknis seperti penguatan kemampuan berkomunikasi lisan maupun non lisan, bagaimana membangun karir professional, serta hal-hal yang berkaitan dengan kode etik profesi dan perusahaan sehingga mentee dapat beradaptasi dengan cepat di dunia kerja. Program mentoring ini menjadi kesempatan anda untuk membangun jaringan dan menemukan pendampingan sebagai bagian yang berharga dari pengalaman anda dalam meniti karir.
Pengembangan professional penting selama tahap karir seorang geosains, MGEI sebagai organisasi profesi berkomitmen mempersiapkan professional yang kompeten. Melalui program Verifikasi Competent Person Indonesia (CPI) dan CPI Development Program (CDP), MGEI menjadi wadah untuk para geosains mendapatkan pengakuan kompeten pada komoditas dan kategori keahliannya berdasarkan standard dan kode yang ditetapkan oleh instansi dan organisasi profesi yang berwenang. Tunjukan kemampuan dan keterampilan di bidang geologi dan atau pertambangan dengan menjadi anggota CPI yang kredibel dalam membuat dan menyusun laporan hasil eksplorasi, estimasi sumberdaya, dan cadangan.

Peta Sebaran Anggota MGEI

Membership Featured Image
About Us

Forum of Indonesian geologists in the field of economic geology and mineral resource development, to achieve increased professionalism and be able to compete at the international level, who play an active role in the development and utilization of mineral resources in Indonesia

MGEI Secretariat

SOHO Pancoran Tower Splendor Lt.18 Unit 1817
Jl. Letjend. MT. Haryono, Jakarta Selatan
Phone: +62 21 8370 2848
Email: sekretariatmgei@gmail.com